Selasa, 05 Januari 2021

5 Kiat Agar Bisnis Kamu Bertahan di Kala Pandemi

  5 Kiat Agar Bisnis Kamu Bertahan di Kala Pandemi


Mempertahankan bisnis di kala pandemi sudah pasti tidak mudah. Bila perusahaan besar saja mengeluhkan dampak fluktuasi ekonomi akibat pandemi, maka sudah tentu bisnis skala UMKM pun akan merasakan. Namun, kamu jangan berkecil hati. Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk tetap bertahan dan mendapatkan keuntungan dari menjalankan bisnis selama pandemi. Berikut kiat-kiatnya!


1. Beralih ke Online

5 Kiat Agar Bisnis Kamu Bertahan di Kala Pandemi
UMKM bisa beralih ke online


Buat UMKM yang mungkin masih offline dan belum mempunyai media sosial, sangat penting di saat pandemi seperti ini untuk mulai beralih ke online dan mempunyai media sosial. Beralih ke online penting karena banyak konsumen yang sekarang menggunakan media sosial untuk menemukan barang yang mereka ingin beli atau jasa yang ingin mereka gunakan.

2. Aktif di Media Sosial

5 Kiat Agar Bisnis Kamu Bertahan di Kala Pandemi
Aktif di media sosial


Untuk aktif di media sosial sudah menjadi keharusan bagi setiap UMKM. Tapi suka bingung nggak, sih, apa yang mau di-post? Nah, kalian bisa post.

proses pembuatan produk, proses packaging produk, repost review dari pelanggan, dan konten menarik lainnya yang berhubungan dengan produk.

3. Buat Strategi Bisnis

5 Kiat Agar Bisnis Kamu Bertahan di Kala Pandemi
Buat strategi bisnis


Saat kamu memutuskan untuk usaha secara online, kamu perlu memikirkan strategi agar langkah ini bisa membuatmu bertahan selama wabah corona. Pertama, kamu bisa menghitung satu hari jumlah pesanan yang kamu terima. Dari situ, kamu bisa menghitung pengeluaran untuk produksi yang kamu jalankan. Selain itu, untuk menambah pelanggan kamu bisa membuat promo menarik atau diskon untuk pembelian produk kamu. Kamu juga bisa menggunakan promo seperti “free ongkir” dan banyak lagi strategi yang bisa kamu siasati.


4. Punya dana darurat

5 Kiat Agar Bisnis Kamu Bertahan di Kala Pandemi


Memiliki dana darurat bisa menjadi solusi agar bisnis tetap bertahan di kala pandemi seperti ini. Bayangkan, dengan adanya wabah ini, tiba-tiba harga kebutuhan naik dan modal kamu tidak cukup. Untuk itulah guna punya dana darurat agar bisnis kamu masih mempunyai “backup” di saat sulit seperti ini.

5. Ikut gerakan #DukungUMKM

5 Kiat Agar Bisnis Kamu Bertahan di Kala Pandemi
Ikut gerakan #DukungUMKM



Gerakan #DukungUMKM diinisiasi oleh komunitas kemanusiaan yaitu Tersalur. Dengan mengikuti gerakan ini UMKM diharapkan dapat bersaing di era digital. Program gerakan #DukungUMKM murni untuk membantu UMKM agar tetap bisa mempertahankan bisnisnya dan tidak dikenai biaya sama sekali.
Serta, kami juga menyediakan beberapa webinar khusus untuk pemilik UMKM, di samping program inti dalam gerakan #DukungUMKM. Nah, sekarang apa aja sih program inti yang bakal tersalur sediakan dalam gerakan #DukungUMKM ini? Ada 3 program inti dari gerakan dukung UMKM, yaitu menghubungkan UMKM dengan para ahli, melakukan review di Instagram dan website Tersalur, serta bekerja sama dengan media partner dan juga para influencer.  Daftarkan bisnismu di bit.ly/TersalurUMKM dan cek IG @tersalur


Senin, 04 Januari 2021

Cara Membuat Desain Sticker Paling Keren untuk Keperluan Komersial

  Cara Membuat Desain Sticker Paling Keren untuk Keperluan Komersial

Jika kamu ingin membuat desain sticker sendiri untuk mempromosikan bisnismu, maka ada banyak hal yang harus kamu perhatikan. Itu tidak hanya soal gambar dan warnanya yang harus kelihatan bagus. Sebab, sticker yang didesain dengan tepat bisa menjadi alat marketing yang bagus untuk bisnis apapun. Namun, seringkali orang-orang masih bingung harus mulai dari mana ketika akan mendesain sticker. Daripada kamu juga ikutan bingung, ayo simak cara-caranya berikut ini.


Pilih Ukuran dan Bentuk stickernya

Cara Membuat Desain Sticker Paling Keren untuk Keperluan Komersial
sumber: fastprint.co.uk


Sebelum kamu memikirkan aspek apapun untuk desainmu, pertama-tama pastikan dahulu ukuran dan bentuk stickermu. Biasanya, ini tergantung pada keperluan penggunaan sticker tersebut. Bentuk yang paling umum adalah persegi panjang, persegi dan lingkaran. Ini umumnya paling efektif untuk marketing.


Buat Warnanya Cerah dan Warna-Warni

Cara Membuat Desain Sticker Paling Keren untuk Keperluan Komersial
sumber: fastprint.co.uk


Apapun tujuanmu membuat sticker, utamanya kamu ingin menarik perhatian orang melalui stickermu. Apalagi kalau stickermu ditempelkan di laptop, sepeda motor, mobil, maka semakin banyak orang yang bisa melihatnya. Makanya, gunakan warna cerah dan colorful untuk stickermu agar terlihat mencolok.


Gunakan Tipografi yang Bold

Cara Membuat Desain Sticker Paling Keren untuk Keperluan Komersial
sumber: fastprint.co.uk


Satu fokus yang penting untuk diperhatikan saat kamu mendesain sticker adalah pilihan tipografimu. Kalau penataan teksnya kurang tepat maka stickermu akan sulit menyampaikan pesan yang ingin dikomunikasikan melalui sticker. Pastikan kamu pilih jenis huruf yang bold dan jelas sehingga mudah dibaca.
Gunakan Teks Seminimal Mungkin Jika Bisa

Cara Membuat Desain Sticker Paling Keren untuk Keperluan Komersial
sumber: fastprint.co.uk



Meneruskan poin yang sebelumnya, tidak hanya memilih jenis huruf yang tepat. Namun, sebisa mungkin kamu perlu meminimalisir penggunaan teks di dalam stickermu. Kecuali itu memang tulisan teks brandmu. Tujuannya adalah membuat stickermu nyaman dilihat serta mudah diingat.

Selaraskan Brand dengan Tema Sticker

Cara Membuat Desain Sticker Paling Keren untuk Keperluan Komersial
sumber: fastprint.co.uk



Meskipun kamu perlu menggunakan warna yang tepat, tipografi yang bagus dan sebagainya, ingat bahwa brandmu menjadi fokus utama sticker. Jadi, selaraskan juga sticker dengan brandmu. Misalnya, sesuaikan tema gambar, tipografi dan warna stickernya dengan brand bisnis kamu agar enak dilihat.

Cantumkan Call-To-Action

Cara Membuat Desain Sticker Paling Keren untuk Keperluan Komersial
sumber: fastprint.co.uk


Call-to-action atau CTA biasa digunakan pada media marketing apapun. Kamu pasti sudah sering melihatnya di banner, selebaran, website dan terkadang brosur. CTA bisa berupa ajakan untuk menghubungi kontak bisnismu, mengunjungi website atau follow media sosial. Misalnya, “Hubungi kami sekarang.”


Selipkan Humor pada Stickermu

Cara Membuat Desain Sticker Paling Keren untuk Keperluan Komersial
sumber: fastprint.co.uk



Salah satu taktik yang tidak pernah gagal menarik perhatian adalah menggunakan humor untuk marketing-mu. Orang pasti akan senang kalau mereka bisa tertawa saat melihat stickermu. Misalnya, buat desain lucu seperti karikatur. Jika stickermu itu mengundang tawa, orang akan mudah mengingat brandmu.

Bikin Desain yang Simpel dan To-The-Point

Cara Membuat Desain Sticker Paling Keren untuk Keperluan Komersial
sumber: fastprint.co.uk



Satu hal penting lagi yang kamu perlu ingat yaitu selalu gunakan desain sticker yang simpel dan to-the-point. Untuk apapun jenis bahan cutting stickernya, hal ini perlu menjadi catatanmu sendiri untuk kamu ingat dan terapkan. Sebab, kadang kita lebih gampang mendesain sticker dengan heboh sehingga tampilannya malah jadi ribet. Padahal, sticker yang bagus justru yang minimalis dan mudah dipahami.
Demikian sejumlah tips penting dalam membuat desain sticker. Jika kamu menerapkannya saat mendesain sticker, maka hasilnya bisa jadi lebih bagus serta menarik perhatian. sticker merupakan bagian dari marketing terutama untuk brand-mu. Jadi, buat sebagus mungkin tapi tentu saja tidak berlebihan. Sesuaikan juga dengan tema dan warna brand-mu agar stickernya kelihatan setema. Ketika orang mudah mengingat stickermu, mereka juga gampang mengenali brand-mu.

Minggu, 03 Januari 2021

Susah Mencari Peluang dan Inspirasi Bisnis? Ini Dia Tipsnya!

 




Memang dibutuhkan Ide – ide yang cemerlang untuk mulai menjajaki sebuah bisnis. Namun banyak yang masih bingung memikirkan ide sedangkan keinginan berbisnis sudah sangat tinggi. Hal tersebut perlu diatasi agar bisnis Anda bisa terealisasikan. Lalu bagaimanakah cara mencari peluang bisnis paling mudah?

Di artikel ini kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda tentang cara mencari peluang bisnis yang bisa Anda coba. Maka dari itu simak artikel ini sampai akhir.

CARA MUDAH MENDAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN KLIK DISINI

1. Jangan Malas Membaca

Manfaatkan media sosial yang Anda miliki untuk berselancar mencari referensi bisnis-bisnis dari orang lain, ikutilah akun-akun bisnis mereka karena banyak akun bisnis yang memberikan tips sukses dalam menjalani bisnis yang mereka jalani.


2. Temukan di Youtube

Youtube bukan hanya media yang digunakan untuk mencari hiburan, namun juga bisa menjadi sumber mencari informasi yang paling praktis. Banyak channel yang menyuguhkan inspirasi bisnis, kamu bisa pilih hasil pencarian yang paling direkomendasikan. 


3. Ikut Seminar Bisnis

Banyak komunitas yang mengadakan acara seminar inspiratif yang berhubungan dengan bisnis, baik yang gratis maupun berbayar. Datanglah pada seminar tersebut jika Anda sempat, karena sangat bermanfaat dan akan menambah wawasan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menambah relasi untuk bertukar pikiran karena biasanya yang hadir dalam seminar tersebut adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan tinggi dengan bisnis.


4. Pakai Prinsip ATM 

Mungkin ada beberapa dari Anda yang belum mengetahui prinsip ATM, ATM adalah singkatan dari Amati-Tiru-Modifikasi. Banyak hal yang tercipta tidak benar-benar orisinil, pasti ada saja hasil adaptasi dari inovasi dan kreativitas sehingga menjadikannya baru.

CARA MUDAH MENDAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN KLIK DISINI

5. Membuka Website

Carilah website khusus yang membahas dan mengulas tuntas inspirasi bisnis yang selalu update setiap hari misalnya kitadigi.com. Dari situ bisa terbayangkan bisnis apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. 

Bagi Anda yang masih bingung mencari peluang bisnis kunjungi selalu situs website dan media sosial kami untuk mendapatkan informasi seputar dunia wirausaha, UMKM khususnya. Ada banyak informasi dan tips menarik lain yang selalu update setiap harinya.


CARA MUDAH MENDAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN KLIK DISINI

Sabtu, 02 Januari 2021

Manfaatkan facebook ads sebagai media iklan yg sangat efektif

 




 Ada banyak alasan lagi mengapa orang menggunakan Facebook sebagai tempat untuk bebisnis . Yang pasti bahwa ini adalah peluang besar Anda untuk menjangkau target Anda di lingkungan favoritnya. Itulah kekuatan hebat Facebook untuk bisnis Anda.


Tahukah Anda berapa jumlah pengguna aktif Facebook di seluruh dunia saat ini ?


Facebook adalah situs layanan dan jejaring sosial terbesar saat ini. Selain menjadi media untuk berbagi informasi, momen, berita atau konten menarik lainnya,  Facebook juga saat ini digunakan banyak orang untuk media bisnis.

 

Dari tahun ke tahun, setiap quartalnya Facebook menunjukkan grafik pengguna aktifnya yang semakin bertambah pesat hingga di tahun ini dan tahun berikutnya. Saat ini, pengguna aktif Facebook di tahun 2019 telah mencapai 2,5 Milyar di Asia-Pasifik. Sangat impresive bukan ?

 

Mengapa saat ini banyak orang menggunakan Facebook untuk berbisnis ?

 

Facebook telah mengubah dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif harian (menurut Laporan Statista), ini jelas merupakan satu-satunya platform yang dapat berinteraksi dengan banyak pengguna secara bersamaan. Itu sebabnya orang suka menggunakan Facebook untuk berbisnis. Pemasaran di Facebook memiliki efek viral, dengan informasi yang menyebar melalui jaringan secara eksponensial.

 

Facebook benar-benar mengubah cara orang berkomunikasi dan mempromosikan bisnis mereka.

Jumat, 01 Januari 2021

Pendongkrak Ekonomi Nusantara Di Bidang Industri Kuliner

  Dampak Virus Corona atau Covid-19 nampaknya berimbas pada semua sektor terutama ekonomi. Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini akan tertekan di level 2,1 persen. Hal ini disebabkan oleh terus meluasnya persebaran Covid-19 baik di dalam negeri maupun luar negeri.


Spoiler for Ilustrasi COVID-19


Untuk saat ini negara sedang mengatasi penyebaran virus corona demi menjaga stabilitas ekonomi di Indonesia, dengan beberapa cara seperti meningkatkan program perlindungan sosial, menjaga agar transaksi ekonomi terus berjalan, menjaga agar pasokan makanan tetap bergerak, dan mendukung kemampuan petani kecil untuk meningkatkan produksi pangan.

CARA MUDAH MENDAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN KLIK DISINI

Lalu kita sebagai masyarakat Indonesia, perlu juga mengambil sebuah tindakan demi mendongkrak ekonomi negara saat ini, salah satunya adalah dengan mencoba mengambil peluang usaha apapun yang ada, demi keberlangsungan eknomoni indonesia.

Spoiler for Indonesia


Pada situasi seperti ini, dengan niat untuk mendongkrak ekonomi Indonesia, Hungrypedia hadir ke tengah-tengah masyarakat Indonesia, dengan menawarkan sebuah stimulus sebesar 300jt kepada seluruh calon mitra selama masa pandemi virus corona ini.

Belum lagi, para calon mitra akan dibimbing oleh jajaran bisnis mentor yang sudah berpengalaman dibidangnya, dengan membuka bisnis waralaba foodpedia, para pengusaha akan mendapatkan pasokan bahan untuk sebulan pertama, dan ini sangat membantu untuk mendongkrak ekonomi nusantara.

Selain hal itu, jika para pebisnis membuka waralaba kuliner yang disediakan Hungrypedia, itu juga membantu dalam membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia, dan juga dari foodpedia sendiri akan memberikan bantuan untuk melatih para SDM yang kelak akan bekerja di outlet milik mitra.

Spoiler for Hungrypedia

CARA MUDAH MENDAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN KLIK DISINI

Dengan bergabung bersama Hungrypedia, para mitra diharapkan dapat menjadi pendongkrak ekonomi nusantara di bidang industri kuliner, karena selain dapat mengambil peluang usaha, bisnis ini juga sangat membantu masyarakat indonesia dalam mencari lapangan pekerjaan, mendistribusikan bahan baku, bahkan sampai memenuhi kebutuhan primer sehari-hari.