Kamis, 07 Juli 2022

5 Hal Yang Perlu Kalian Hindari Saat Mulai Bisnis

 5 Hal Yang Perlu Kalian Hindari Saat Mulai Bisnis


Memulai bisnis atau usaha memang tidaklah mudah. Banyak orang bermimpi untuk sukses di usia muda. Meskipun terdengar classic dan sederhana tetapi semangat untuk mewujudkan kesuksesan bisnis versi kalian sangat diperlukan. Ada banyak hal yang harus dipelajari ketika mulai berbisnis, seperti menghindari kesalahan-kesalahan ketika memulai berwirausaha. Tujuannya, agar tidak mudah terjebak dalam tantangan dan rintangan yang dapat membuat bisnis kalian gagal. Berikut beberapa hal yang harus kalian hindari saat mulai berbisnis :

Tidak Fokus Pada Tujuan Bisnis Sendiri
Merancang tujuan bisnis adalah hal dasar yang perlu diketahui oleh setiap wirausahawan. Jika tidak memiliki tujuan usaha yang jelas maka kalian akan mudah goyah dengan apa yang kalian lakukan. Tujuan dari mengetahui dan fokus pada tujuan bisnis adalah untuk membentengi bisnis tersebut dan akan mudah melalui rintangan apapun. Tidak hanya itu, tujuan bisnis tersebut haruslah rasional. Kalian bisa konsultasikan ide dan tujuan bisnis tersebut dengan ahlinya atau yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Tidak Memiliki Rancangan Bisnis Yang Matang

Sebelum memulai bisnis, sangat disarankan untuk memiliki pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalani. Pengetahuan tersebut merupakan bekal ketika bisnis kalian sudah berjalan. Setelah tujuan bisnis tersebut ditetapkan, maka rancanglah business plan, gunanya agar tujuan bisnis bisa tercapai dan lebih terarah. Jika tidak memiliki rancangan bisnis yang matang maka akan sulit untuk mengetahui target pasar dan akan semakin banyak risiko serta hambatan yang dihadapi.


Memilih Rekan Kerja yang Tidak Tepat

Tidak memilih rekan kerja yang tepat akan menjadi kesalahan yang sangat fatal bagi pebisnis pemula. Kita harus tahu bahwa proses untuk mencapai tujuan dari bisnis kita itu tidaklah mudah, maka sebagai bisnis pemula kalian harus memilih mitra kerja yang benar-benar tepat. Tujuannya, untuk menghindari adanya konflik serta kegagalan dalam usaha. Memilih rekan kerja yang tepat juga dapat meningkatkan motivasi satu sama lain.


Tidak Memiliki Manajemen Keuangan Yang Baik

Meskipun usaha kalian merupakan usaha kecil-kecilan, namun mengelola keuangan itu salah satu hal penting dalam berbisnis. Pisahkan uang pribadi dan uang bisnis kalian agar mudah untuk memantau perkembangan bisnis kalian. Jika tidak memiliki manajemen keuangan yang baik maka kalian tidak akan tahu berapa keuntungan atau kerugian yang kalian dapatkan. Terutama jika kalian tidak memiliki dana darurat untuk

Tidak Menjaga Kepuasan Pelanggan

Apa lah artinya kesuksesan jika kalian tidak menjaga pelanggan terutama kepuasan pelanggan terhadap produk yang kalian tawarkan. Pelanggan yang puas terhadap produk tersebut akan senantiasa memberikan dan memberikan kepuasaan mereka ke keluarga atau kerabat dekat. Tetapi, jika kalian tidak menjaganya kalian akan kehilangan pelanggan setia juga target pasar.

Teknik Budidaya Ternak Ayam Kampung







Quote:
Hingga saat ini, sebagian besar cara beternak Ayam kampung yang dilakukan oleh peternak di Indonesia masih saja seperti zaman dahulu, yaitu dengan diumbar. Ayam hanya dibiarkan berkeliaran di sekeliling rumah atau pekarangan dan mencari makan sendiri. Cara beternak seperti ini sungguh tidak memiliki nilai ekonomis jika tujuan pemeliharaan untuk usaha atau profit oriented. Teknik budidaya ternak ayam kampung secara intensif menjadi hal wajib untuk mendatangkan keuntungan yang lebih sebagai sebuah bisnis peternakan. Cara budidaya ayam kampung secara intensif memiliki banyak keungulan, salah satunya adalah lebih mudah dalam melakukan kontrol terhadap penyakit.

Untuk mencapai keberhasilan dalam usaha budidaya ayam kampung secara intensif ini, diperlukan manajemen atau tata kelola yang baik dan benar. Ada beberapa faktor yang menjadi penentu keberhasilan usaha budidaya ayam kampung secara intensif.


Teknik Budidaya Ternak Ayam Kampung


1. PEMILIHAN BIBIT AYAM KAMPUNG
Bibit ayam kampung atau lebih dikenal dengan DOC merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Jika tujuan pemeliharaan ayam kampung untuk tujuan diambil daging, maka memilih DOC dari keturunan ayam yang bertubuh besar dan pertumbuhan yang cepat diprioritaskan. Selain itu waktu penetasan bibit ayam kampung (DOC) harus tepat waktu(21 hari) tidak terlalu cepat atau terlalu lama.

Ciri-ciri DOC yang memiliki kualitas bagus antara lain berdiri tegap, sehat dan tidak cacat, mata bersinar, pusar terserap sempurna, bulu bersih dan mengkilap. Jangan lupa memberikan vaksinasi sesuai usia DOC.


2. MASALAH PAKAN AYAM KAMPUNG
Pakan pada ayam kampung memegang peranan yang cukup penting dalam menentukan pertumbuhan ayam kampung. Meski demikian sebenarnya pakan untuk ayam kampung tidaklah serumit pakan untuk ayam lain seperti broiler, ayam petelur dan lain-lain. Bahan pakan yang bisa diberikan antara lain : konsentrat, dedak, jagung. Selain makanan pabrikan tersebut bisa juga diberikan pakan alternatif seperti sisa dapur/warung, roti BS, mie instant remuk, bihun BS, dan lain sebagainya. Pakan alternatif tersebut cukup bisa menghemat biaaya produksi sehingga keuntungan usaha ayam kampung bisa meningkat.

Yang terpenting dalam menyusun ransum untuk ayam kampung harus memperhatikan kebutuhan nutrisi ayam kampung yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.

Untuk Jumlah pakan yang diberikan untuk ayam kampung disesuaikan dengan usia ayam kampung itu sendiri, seperti berikut:

7 gram/per hari sampai umur 1 minggu

19 gram/per hari sampai umur 2 minggu

34 gram/per hari sampai umur 3 minggu

47 gram/per hari sampai umur 4 minggu

58 gram/per hari sampai umur 5 minggu

66 gram/per hari sampai umur 6 minggu

72 gram/per hari sampai umur 7 minggu

74 gram/per hari sampai umur 8 minggu


Selain makanan, ayam kampung memerlukan minuman. Minuman diberikan secara tidak terbatas, disediakan wadah untuk minuman, jika habis ditambahkan lagi.

Untuk mendukung keberhasilan budidaya ayam kampung, PT Natural Nusantara (NASA) mengeluarkan serangkaian produk yang sangat bermanfaat bagi peningkatan produktivitas peternakan ayam kampung, baik dari segi kualitas, kuantitas, dan efektivitas. Produk tersebut di antaranya Viterna, POC NASA dan Hormonik.





Viterna Plus merupakan suplemen khusus ternak dengan kandungan :
Mineral-mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang, organ luar dan dalam, pembentukan darah dan lain-lain.

Asam-asam amino utama seperti Arginin, Histidin, Isoleucine, Lycine, Methionine , Phenylalanine, Threonine, Thryptophan, dan Valine sebagai penyusun protein untuk pembentukan sel, jaringan, dan organ tubuh

Vitamin-vitamin lengkap, yaitu A, D, E, K, C dan B Komplek untuk kesehatan dan ketahanan tubuh.




Pemberian POC NASA yang mengandung berbagai mineral penting untuk pertumbuhan ternak, seperti N, P, K, Ca, Mg, Fe dan lain-lain serta dilengkapi protein dan lemak nabati, mampu meningkatkan pertumbuhan ternak ayam kampung, ketahanan tubuh babi, mengurangi kadar kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran. Untuk hasil lebih optimal, pemberian POC NASA disarankan ditambahkan dengan Hormonik.



HORMONIK berperan sebagai zat pengatur tumbuh, di mana keberadaannya akan sangat penting dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ternak babi. Sehingga budidaya ternak ayam kampung bisa dilakukan dalam waktu lebih singkat tetapi tetap mendapatkan hasil yang optimal.

Code:Pemakaian Viterna, POC Nasa, dan Hormonik bisa dilakukan sebagai campuran air minum yang diberikan sepanjang hari. Bisa pula dicampurkan sebagai pembasah pada pakan konsentrat.


3. SISTEM KANDANG AYAM KAMPUNG
Ada tiga macam kandang, yakni kandang box, kandang postal dan kandang baterai. Kandang box sebagai tempat pemeliharaan anakan ayam kampung unggulan atau DOC. Disebut kandang box karena bentuknya yang memang kotak.

Dalam kadang box ukuran 1 x 1 m dapat diisi sebanyak 40 -45 DOC. Lama pemeliharaan DOC dalam kandang box +- 20 hari. Untuk menjaga kehangatan kandang diberikan lampu pada kandang box dengan suhu 30 – 32 derajat celcius.

Memasuki hari ke-21 ayam kampung dipindah ke kandang pembesaran atau kandang postal. Ukuran kandang postal menyesuaikan dengan jumlah ayam kampung yang dipelihara. Kandang postal ukuran 5 x 20 m bisa diisi sebanyak 1200 ekor ayam kampung unggulan. Lama pemeliharan dalam kandang postal ini adalah ketika ayam kampung unggulan berumur 21 hari sampai waktu panen.

Lokasi kandang ayam kampung yang ideal adalah memiliki jarak dengan permukiman minimal 5 m, tidak lembab, sinar matahari pagi dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik. Sebaiknya memilih lokasi yang agak rindang dan terhalangi oleh bangunan atau tembok lain agar angin tidak berhembus langsung ke dalam kandang.

Sebelum kandang diisi dengan ayam kampung, perlu dilakukan penyucihamaan dengan disinfektan yang tidak berbahaya bagi ayam.

4. PENGENDALIAN PENYAKIT AYAM KAMPUNG
Penyakit pada ayam kampung kerap kali menimbulkan masalah dan kerugian yang besar. Karena itu pengendalian dan pencegahan penyakit penting untuk dilakukan. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit antara lain:
Menjaga sanitasi lingkungan kandang, peralatan kandang dan manusianya

Pemberian pakan yang fresh dan sesuai kebutuhan ternak

Melakukan vaksinasi secara teratur

Pemilihan lokasi peternakan di daerah yang bebas penyakit

Manajemen pemeliharaan yang baik

Kontrol terhadap binatang lain.


Dengan pemeliharaan ayam kampung secara intensif dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan daging ayam kampung yang semakin meningkat.


Itulah teknik budidaya ternak ayam kampung persembahan dari PT NASA – Natural Nusantara yang bisa Anda jadikan salah satu pedoman dalam cara beternak ayam kampung. Mudah-mudahan bermanfaat.

Selasa, 28 Juni 2022

Laporan Keuangan Tahunan: Manfaatnya Untuk Bisnis Anda!

 Laporan Keuangan Tahunan: Manfaatnya Untuk Bisnis Anda!


Laporan keuangan tahuan selalu menjadi aspek wajib bagi sebuah perusahaan. Laporan keuangan tahunan biasa juga disebut sebagai annual report untuk perusahaanAnnual report bisa diartikan sebagai laporan keuangan dari seluruh kegiatan dalam perusahaan untuk kurun waktu satu tahun. Laporan ini bisa dipastikan penting untuk setiap pengusaha. Karena dengan annual report, Anda akan bisa mengetahui bagaimana dan apa yang terjadi pada bisnis Anda selama satu tahun ke belakang.

Sekali pun bagi pengusaha yang baru merintis, membuat annual report memang kerap sedikit merepotkan. Anda bisa menggunakan pihak ketiga untuk membantu membuat annual report andaikan diperlukan.

Laporan keuangan tahunan kerap dibuat untuk pihak investor dan kreditur. Karenanya laporan jenis ini kerap dibuat secara ringkas, padat, namun juga jelas. Di dalamnya tentu berisikan manajemen kondisi keuangan perusahaan yang sedang berjalan saat ini, beserta pula perencanaan yang sedang dibangun untuk di masa depan.

Di artikel kali ini, Anda akan menemukan:

1. Mengenal laporan keuangan tahunan.
2. Manfaat laporan keuangan tahunan.
3. Elemen penting yang harus ada.
4. Gunakan konsultan keuangan untuk mempermudah Anda!

Mengenal laporan keuangan tahunan.

Memahami catatan laporan keuangan, seperti Anda bisa membayangkan catatan harian usaha yang berisikan tentang berbagai macam kegiatan transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda. Baik yang merupakan transaksi penjualan atau lain, yang pada dasarnya memiliki nilai ekonomi atau moneter.

Ikuti media sosial FR Consultant Indonesia untuk informasi lainnya tentang dunia Bisnis dan Digital Marketing, Keuangan beserta Perpajakan.

Laporan ini biasanya dibuat sesuai dengan periode tertentu. Tapi annual report atau laporan keuangan tahunan adalah jenis laporan keuangan yang dibuat untuk mengetahui berbagai bentuk kegiatan keuangan bisnis dalam kurun waktu satu tahun.

Laporan Keuangan Tahunan: Manfaatnya Untuk Bisnis Anda!

Seorang pengusaha bisa mengetahui kondisi keuangan bisnisnya dengan melihat annual report. Dengan begitu, Anda bisa melakukan evaluasi dan mengambil berbagai tindakan pencegahan atau peningkatan yang memang dibutuhkan oleh perusahaan. Anda pun akan dapat mendeteksi masalah yang ada lebih awal, sehingga ke depan Anda bisa mengatur ulang strategi jalannya perusahaan.

Menyadari bahwa laporan keuangan ini begitu penting, maka sudah sebaiknya kalau Anda menyerahkan pembuatannya kepada rekan-rekan yang profesional di bidang ini, yang biasa disebut akuntan. Seorang akuntan harus bisa membuat dan mempresentasikan laporan tersebut di hadapan Anda sebagai pemilik, atau pun para stakeholder yang lain.

Dengan begitu, sekarang telah jelas bahwa annual report adalah bentuk dokumentasi berbagai transaksi keuangan pada suatu perusahaan dalam kurun waktu satu tahun. Tanpa adanya annual report, Anda akan kesulitan melakukan evaluasi atau mengetahui kondisi keuangan perusahaan.

Manfaat laporan keuangan tahunan.

Mengetahui pentingnya peran annual report, maka bisa disimpulkan bahwa laporan tersebut juga memiliki manfaat yang kuat. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Menjadi buku penilaian keuangan usaha

Secara jelas, annual report dapat menjadi buku penilaian tentang keuangan usaha yang sedang Anda jalani. Karena menyajikan seluruh informasi terkait kondisi ekonomi dan moneter perusahaan dalam kurun waktu satu tahu.

Laporan keuangan dapat menjadi media untuk melakukan penilaian yang rinci. Anda sebagai pemilik pun akan dapat meihat, apakah perusahaan atau bisnis yang Anda jalani mendapatkan profit yang baik? Atau tidak? Profit yang baik dapat berarti perusahaan berkembang sesuai rencana. Namun apabila tidak, Anda tentu harus melakukan langkah lain atau strategi baru untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Menjadi media untuk melakukan evaluasi

Mengetahui sifat laporan keuangan yang rinci dan dituntut untuk rapi, maka bisa disetujui apabila laporan keuangan dikatakan sebagai media untuk melakukan evaluasi keuangan perusahaan. Tanpa laporan keuangan, tentu evaluasi keuangan akan sulit dilakukan.

Laporan keuangan bisa menjadi parameter untuk evaluasi, yang menjelaskan permasalahan apa yang sedang dialami oleh perusahaan. Andai terjadi kemajuan, bagaimana cara mempertahankannya? Andaikan terjadi kemunduran performa perusahaan, maka apa penyebabnya sekaligus bagaimana cara mengatasinya?

Ketika proses evaluasi berjalan lancar karena dibantu dengan annual report yang rinci, tepat dan akurat. Maka Anda dan para pemegang saham pun akan bisa memutuskan strategi paling tepat yang selanjutnya bisa dijalankan, dan bagaimana cara mempertahankan performa keuangan perusahaan untuk tetap di kondisi prima.

3. Menjadi alat daya jual di mata Investor dan Kreditur

Ketika perusahaan atau bisnis Anda memiliki rekam jejak keuangan yang baik. Maka otomatis peluang Anda untuk mengajukan kerjasama dengan investor pun akan terbentang lebih lebar dan lancar. Begitu pula ketika Anda ingin mengajukan pinjaman.

Annual report yang baik dapat menjadi daya jual bisnis Anda ketika Anda ingin melakukan ekspansi. Karena laporan keuangan yang baik telah menjadi bukti rinci, bahwa bisnis Anda berjalan sesuai dengan harapan.

Penyajian data transaksi atau moneter yang rinci dan mudah dipahami juga membuat Investor atau pun kreditur dapat menangkap dengan jelas bagaimana kondisi keuangan terkini pada perusahaan Anda. Oleh karena itu, Anda pun harus bisa memberikan laporan keuangan secara profesional. Tanpa mengabaikan elemen-elemen penting yang seharusnya ada pada pembuatan laporan keuangan.

4. Menjadi bentuk perwakilan tanggung jawab perusahaan

Katakan Anda sudah mendapatkan investor atau kreditur untuk ekspansi bisnis Anda. Maka laporan keuangan ini pun akan bisa menjadi bentuk pertanggungjawaban kinerja perusahaan Anda terhadap investor.

Laporan Keuangan Tahunan: Manfaatnya Untuk Bisnis Anda!

Ketika hasil laporan memberikan nilai positif, maka paling tidak sudah tersirat. Bahwa bagian internal manajemen perusahaan sudah berjalan dengan baik, sesuai porsinya masing-masing. Karena terbukti telah memberikan kinerja yang maksimal. Sedangkan sebaliknya, apabila tidak, maka akan tampak bahwa ada bagian internal dari perusahaan yang tidak berjalan seperti yang seharusnya. Sehingga perbaikan pun menjadi diperlukan.

Maka dari itu, jagalah nilai positif pada laporan keuangan Anda.

Kalau pun Anda rupanya mengalami kesulitan untuk menentukan konsep dan strategi bisnis serta keuangan, Anda bisa menggunakan jasa konsultan bisnis dan keuangan seperti FR Consultant Indonesia.

Elemen penting yang harus ada.

Setelah mengatahui manfaatnya, sekarang waktunya Anda mengetahui cara membuatnya. Laporan keuangan harus dibuat disertai dengan elemen-elemen berikut, supaya terjaga keabsahannya.

1. Ringkasan data keuangan perusahaan

Atau ikhtisar terkait data keuangan ini tentu harus ada dan tercantum. Ringkasan ini juga menyertakan berbagai bentuk informasi, terkait saham yang juga sempat diterbitkan oleh perusahaan. Kalau pun pernah terjalin aksi korporasi, maka hal itu wajib ada di dalamnya beserta penjelasannya.

2. Laporan dari Dewan Komisaris, Dewan Direksi, dan profil perusahaan

Annual report juga perlu mencantumkan laporan kinerja perusahaan dan prospek ke depannya. Yang bisa disebut sebagai Laporan Dewan Komisaris, dan telah dibuat serta disusun oleh para Direksi. Kalau pun sampai ada perubahan komposisi dewan, ini pun perlu dicantumkan.

Tak lupa juga adanya profil perusahaan, yang berisikan nama, riwayat singkat, visi dan misi, alamat, nomor telepon, email dan website perusahaan.

3. Analisis keuangan dari pihak manajemen

Laporan ini juga perlu berisikan penjabaran data dan analisis dari kondisi keuangan yang ada. Yang telah dibuat dan diperiksa secara teliti oleh pihak manajemen.

4. Tata kelola perusahaan

Memberikan informasi yang jelas terkait aktivitas yang dilakukan perusahaan, dan hubungannya dengan para pemegang saham.

5. Tanggung jawab sosial perusahaan

Pihak perusahaan juga perlu mencantumkan laporan terkait, apabila perusahaan memiliki berbagai program kebijakan. Seperti misalnya, program kebijakan terhadap lingkungan hidup dan sosial, jenis program apa saja dan berapa biaya yang kerap dikeluarkan. Termasuk juga tanggung jawab perusahaan terhadap praktik ketenagakerjaan dan keselamatan para pekerja.

6. Annual report perusahaan yang sudah diaudit terlebih dulu

Setiap laporan yang dimasukkan ke dalam annual report, harus sudah disusun dan dirapikan terlebih dulu. Sesuai standar akuntansi di Indonesia.

7. Tanda tangan para petinggi

Setiap laporan keuangan tahunan (annual report) yang dibuat, wajib dan harus ditandatangani oleh seluruh anggota Dewan Komisaris dan Direksi yang sedang menjabat.

Laporan Keuangan Tahunan: Manfaatnya Untuk Bisnis Anda!

Gunakan Konsultan Keuangan untuk mempermudah Anda!

Anda pasti mulai menyadari bahwa membuat annual report tidaklah mudah. Oleh karenanya dibutuhkan tenaga ahli profesional yang juga dikenal sebagai akuntan dalam proses membuat laporan keuangan. Nah, buat Anda yang baru saja merintis bisnis, Anda bisa sekali menggunakan layanan akuntansi tanpa perlu merekrut seorang akuntan. Tentu secara biaya, menjadi lebih hemat dan ekonomis. Sehingga tidak membebani usaha Anda.

Seandainya Anda mengalami kesulitan untuk membuat strategi yang tepat untuk meningkatkan performa usaha Anda, Anda bisa menggunakan jasa konsultan bisnis milik FR Consultant Indonesia. Kami juga berperan sebagai penyedia jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan untuk usaha.

Bagi Anda yang tinggal di Depok, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok.

FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991. (fr)

Profesi Jasa Akuntansi butuh komitmen dan Profesionalisme

 Profesi Jasa Akuntansi butuh komitmen dan Profesionalisme


Memiliki kemampuan dalam bidang akuntasi dan keuangan, pada saat sekarang memang menjadi satu hal yang cukup menguntungkan. Kenapa, karena dengan perkembangan bisnis seperti UMKM sudah pasti mereka membutuhkan jasa akuntansi. Sehingga ketika kita memiliki kemampuan itu jangan ragu untuk terus mengembangkannya.

Istilah akuntansi memang kita sudah tidak asing lagi, karena sudah pasti semua jenis bisnis dari kelas UMKM hingga corporasi membutuhkan apa yang di namakan akuntansi atau pencatatan akuntansi dan keuangan. Hal itu cukup beralasan mengingat akuntansi adalah salah satu komponen penting bagi perusahaan untuk menentukan performance dari bisnis yang sedang di jalankan. Itulah kenapa, ketika sebuah perusahaan atau bisnis tidak menggunakan pelaporan akuntansi biasanya ada beberapa hal yang mungkin akan sulit di lakukan secara benar :

Perusahaan atau pelaku bisnis tidak akan bisa dengan mudah mengambil keputusan dari kondisi bisnis yang ada. Karena pelaku bisnis tidak memiliki cukup data untuk mengambilan keputusan.

Perusahaan atau pelaku bisnis tidak akan bisa dengan mudah mengukur untung atau rugi dari bisnis yang di jalankannya. Karena perusahaan tidak memiliki cukup data untuk menentukan berapa uang masuk dan berapa uang keluar.
Perusahaan atau pelaku bisnis tidak akan bisa membuat strategi bisnis yang benar, karena ketidak akuratan data yang di miliki oleh perusahaan atau pelaku bisnis.

Peran Akuntasi dalam sebuah Perusahaan Bisnis / Pelaku Bisnis

Sebenarnya jika kita melihat apa yang di kerjakan oleh mereka yang berprofesi sebagai akuntan, memang profesi atau pekerjaan ini bisa di bilang butuh konsentrasi dan kematangan dalam menjalankan tugasnya. Karena dari beberapa bagian yang mereka kerjakan, pada akhirnya kita bisa melihat bahwa tugas mereka itu memiliki beberapa tujuan yang penting bagi pelaku bisnis atau perusahaan yang menugaskannya :

Keberadaan pelaporan akuntansi atau keuangan, pada dasarnya berguna untuk memberikan data dan informasi yang berguna untuk perusahaan atau pelaku bisnis. Yang mana dari hasil pelaporan data dan informasi yang tersaji dengan baik dan benar itulah, sehingga perusahaan atau pebisnis bisa menganalisa berbagai hal yang berhubungan dengan sumber modal dan sumber daya terkait yang di miliki perusahaan dalam tujuannya untuk menjalankan bisnis. Sehingga dengan adanya data dan informasi tersebut, pelaku bisnis akan tahu seperti apa performance dari usaha yang dijalankannya.

Keberadaan pelaporan akuntansi atau keuangan, bisa di jadikan bahan yang tepat untuk perusahaan atau pelaku bisnis dalam mengambil satu keputusan atau tindakan yang berhubungan dengan perusahaan. Hal itu di mungkinkan bisa di lakukan secara benar, mengingat data dan informasi yang di sajikan memang menggambarkan kondisi terkini dari usaha yang kita jalankan. Itulah sebabnya, pelaporan ini menjadi sangat penting.

Itulah kenapa, saat ini bagi pebisnis skala UMKM atau corporasi, tidak ada kata tidak untuk menggunakan profesional akuntansi untuk melaporkan aktivitas yang berhubungan dengan keuangan di perusahaan atau bisnisnya.

Profesi Jasa Akuntansi butuh komitmen dan Profesionalisme

Peran Jasa Akuntansi Publik solusi terkini dalam menunjang performance perusahaan

Mungkin bagi kita yang saat ini masih dalam taraf bisnis kelas UMKM masih merasa bahwa masalah pembukuan atau akuntansi bisa di jalankan sendiri. Tetapi sebaiknya, memang hal itu sudah harus di jalankan oleh profesional yang paham tentang masalah akuntansi. Jika saat ini ada profesi akuntan publik itu adalah solusi terbaik untuk perusahaan mencoba melihat sisi laporan keuangan dari pihak lain di luar perusahaan.

Kenapa hal itu perlu di lakukan oleh perusahaan besar atau perusahaan yang sudah mapan. Hal itu di lakukan untuk sebagai cek and ricek dari pekerjaan yang telah di lakukan oleh karyawan bagian akuntansi dan keuangan. Jangan sampai hanya karena kita terlalu percaya dengan staf bagian akuntansi dan keuangan kita lalai untuk melakukan cek dan ricek. Karena bagaimanapun juga, pekerjaan ini adalah membutuhkan ketelitian, kejujuran, konsistensi dan kredibilitas yang kesemuanya masuk dalam kategori profesionalisme kerja. Sehingga karena proses kerjanya sama, sehingga di butuhkan satu kondisi di mana pekerjaan mereka pun harus di awasi oleh pihak luar yang tahu tentang masalah keuangan dan akuntansi.

Berdasarkan kondisi itulah, sehingga saat ini peran akuntan publik cukup banyak di butuhkan oleh perusahaan. Karena mereka bertugas untuk melakukan pengecekan dan melakukan analisa dari laporan keuangan yang telah di lakukan oleh staf kantor. Dimana hasil akhir yang nantinya akan di keluarkan oleh seorang akuntan publik atau perusahaan akuntan publik dalam bentuk opini atau pendapat. Dimana tingkat kewajaran atau ada catatan dari analisa laporan keuangan yang di nilainya. Sehingga dengan adanya cek dan ricek ini semua hal yang terjadi dalam bisnis sekalipun masih dalam kategori kelas UMKM atau menengah tetap berjalan di jalur yang benar.

Seorang akuntan publik baik perorangan atau perusahaan, biasanya memiliki beberapa tugas yang mesti di jalankannya. Dari mulai melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan melakukan auditing terhadap segala informasi yang berhubungan dengan pelaporan keuangan. Atau bisa juga mereka melakukan review dari beberapa temuan yang di jumpai pada saat melakukan auditing, sehingga pada akhirnya semua laporan bisa di sarikan dalam bentuk opini tingkat kewajaran.

Namun jika saat ini memang anda sebagai pemilik usaha masih belum siap untuk mengundang perusahaan akuntan publik dalam melakuan cek and ricek laporan keuangan. Tidak ada salahnya jika anda mencoba berkonsultasi dengan FR Consultant IndonesiaKarena perusahaan tersebut juga bisa memberikan masukan atau bantuan sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Jadi tidak ada kendala untuk anda selaku pelaku bisnis untuk selalu menggunakan jasa akuntansi dalam menjalankan bisnisnya. Karena satu kesalahan saja anda lakukan, itu sudah pasti akan berdampak pada bisnis anda.

Lakukan terbaik sedari dini dengan pembuatan laporan keuangan adalah cara terbaik yang bisa anda lakukan agar semua aktivitas bisa berjalan lancar. Karena yang namanya bisnis, tidak melihat besar atau kecil. Tetapi semua bisnis sudah pasti akan menggunakan uang atau sumber daya untuk menjalankan bisnisnya. Jadi memang harus ada pencatatan keuangan demi tercapainya sistem pencatatan yang baik dan benar.